Selasa, 26 Februari 2019

Pasar dan Harga


PASAR DAN HARGA
1. Pengertian Pasar :
Tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan beli barang atau jasa.

2. Syarat  suatu Pasar :
1)      Ada penjual
2)      Ada pembeli
3)      Ada barang yang diperjualbelikan
4)      Ada  komunikasi antara penjual dan pembeli

3. Fungsi Pasar :
1)      Fungsi Distribusi : memperlancar distribusi barang dari produsen ke konsumen
2)      Fungsi Pembentuk Harga : mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
3)      Fungsi Promosi : memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat

4. Peran Pasar
Peran Pasar Bagi Produsen
 Pasar sebagai tempat untuk :
1.     Promosi barang atau jasa
2.     Untuk mencari bahan-bahan produksi
3.     Menjual barang hasil produksi

Peran Pasar Bagi Konsumen
 Pasar bagi konsumen sebagai tempat:
1.     untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
2.     untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan
3.     untuk mendapatkan sumber daya yang dimilikinya.

Peran Pasar Bagi Pemerintah
 Peran pasar bagi pemerintah sebagai:
1.     Sumber Pendapatan bagi negara / pemerintah
2.     Penunjang bagi kelancaran pembangunan nasional

5.Jenis – jenis pasar
a.      Menurut Wujudnya      
1.      Pasar Konkrit
Pasar yang setiap hari dikunjungi pembeli dan langsung bertemu penjualnya untuk melakukan transaksi
Contoh : Pasar Pagi
2.      Pasar Abstrak
Pasar dimana penjual dan pembeli tidak bertemu langsung tetapi melakukan komunikasi lewat alat komunikasi atau internet dan melakukan transaksi
Contoh : pasar online lewat Tokopedia,Bukalapak,Lazada dll

b.      Menurut barang yang diperdagangkan
1.      Pasar barang Konsumsi
Contoh : Pasar Ikan,Pasar Buah,Pasar beras ,supermarket,mall, hipermart
2.      Pasar barang Produksi
Contoh : Pasar Modal , Job Fair (Pasar tenaga Kerja)

c.       Menurut luas jaringan distribusi
1.      Pasar setempat
Contoh : Pasar Bawah Pekanbaru,Pasar Klewer Solo,Pasar Bringharjo Yogjakarta dll
2.      Pasar Nasional
Pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara. Pasar ini menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat negara tersebut.
Contoh : Pasar Uang / Valas , Pasar Modal BEJ ( Bursa Efek Jakarta), Pasar Bahan Mentah
3.      Pasar Regional
Pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu, contoh:  AFTA   ( wilayah Asia Tenggara) , Pasar Eropa
4.      Pasar Internasional
Contoh : Pasar Tembakau di Bremen ( Jerman ), Pasar Karet di New York, Pasar Intan di Amsterdam , pasar kopi di Santos.
d.      Menurut waktu penyelenggaraannya
1.      Pasar Harian
Contoh : Pasar Kodim atau Pasar pusat Pekanbaru
2.      Pasar Mingguan
Contoh : Pasar Hewan, Pasar Kaget sekali seminggu, Pasar  Kliwon di Jawa dll
3.      Pasar Bulanan
Contoh : Pasar didaerah industri yang dibuka setelah karyawan pabrik gajian
4.      Pasar Tahunan
Contoh : PRJ (Pekan Raya Jakarta) , Pasar malam sekatenan di Solo , Pasar Expo Riau dll

e.      Menurut organisasi / strukturnya
1.      Pasar Persaingan sempurna
ü  Pasar yang didalamnya banyak pembeli dan penjual ,yang sama-sama mengetahui situasi pasar.
ü  Barang yang diperjualbelikan homogen ( sejenis)
ü  Penjual dan pembeli tidak bebas menentukan harga karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar
ü  Contoh : Pasar Tekstil Tanah Abang Jakarta, Pasar Batik Bringharjo Jogyakarta,
2.      Pasar Persaingan Tidak sempurna
ü  Pasar dimana penjual dan pembeli memiliki kebebasan menentukan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan.
ü  Penjual dan pembeli dapat mempengaruhi harga
Terdiri dari :
1)      Pasar Monopoli / Monopsoni
2)      Pasar Duopoli
3)      Pasar Oligopoli
4)      Pasar Persaingan Monopolistik

6.     Contoh Pasar Tidak Sempurna
1)      Pasar Monopoli
Pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Ciri-cirinya:
o   Hanya ada satu penjual
o   Terdapat banyak pembeli
o   Produk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang dekat
o   Ada hambatan untuk masuk pasar
Contoh : Perusahaan Listrik Negara (PLN),Telkom Indonesia, Perusahaan Minyak Bumi dan Gas , Pertamina.

2)      Pasar Duopoli
Pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
Contoh: Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.

3)      Pasar Oligopoli
Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
Ciri-cirinya:
o   Terdapat beberapa penjual di pasar (umumnya kurang dari 10) dengan banyak pembeli di pasar
o   Barang yang diperjualbelikan relatif homogen namun corak berbeda
Contoh: Pasar Semen ( Semen Gresik,Semen Padang ,Semen Tiga Roda) , Pasar Rokok , Jasa Penerbangan.

4)      Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek.
Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik :
o   Terdapat banyak produsen
o   Jenis barang yang diperdagangkan berbeda
o   Produsen mampu mempengaruhi harga
o   Produsen baru mudah masuk pasar
o   Promosi penjualan sangat aktif
Contoh : Pameran Laptop , Pasar Mobil,Pasar Telepon Seluler dll

7.      HARGA
Harga adalah : Nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang.
Harga Pasar : harga yang disepakati penjual dan pembeli dimana harga barang ini sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.
Harga pasar disebut juga Harga Keseimbangan , karena pada harga tersebut ada keseimbangan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan jumlah barang yang diminta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan materi SDA

SDA Indonesia ( sem genap)  Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia 1.        Pengertian SDA :....... 2.        Jenis-jenis SDA : a.       ...